Kamis, 22 Maret 2012

SIILABUS SBD CI-BI


S I L A B U S
PERANGKAT PEMBELAJARAN
KURIKULUM DIFERENSIASI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
KELAS CERDAS ISTIMEWA BAKAT ISTIMEWA

Sekolah                                   :  MTs.N Model Sumber Bungur  Pamekasan 3
Kelas/ Semester                      :   CIBI I/ 1 (Satu)
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA dan SENI MUSIK

Pert.
KE
Standar
 Kompetensi
Kompetensi
 dasar
Indikator Pencapaian
Pokok
Bahasan
Pelayanan
Belajar
Sumber
Belajar
Evaluasi
Seni Rupa

1.
Mengapresiasi karya seni rupa
1.1
Mengidentifikasi  jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
·      Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
·      Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.
·      Pengertian seni , cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara umum.
·      Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan dan fungsi karya seni rupa terapan daerah setempat


·      Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar






1.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
·      Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
·      Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat
·      Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
·      Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat

·       Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar



2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1
Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
·   Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
·   Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat


·         Gambar bentuk benda kubistis dan silindris (teknik perspektif, teknik arsir, komposisi, gelap terang) penggunaan media dalam menggambar bentuk karya seni rupa daerah setempat


·      Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar





2.2
Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
·   Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
·   Menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda pakai

·   Karya seni rupa daerah setempat meliputi: pengertian benda pakai,benda hias antara lain dari segi motif, corak, teknik  dan sebagainya

·      Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar





2.3
Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
·   Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik  seni kriya daerah setempat.
·   Membuat  hiasan pada benda pakai dengan  corak seni rupa daerah setempat

·         Teknik-teknik pembuatan benda pakai
·         Corak-corak ragam hias daerah setempat

·      Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar



9.
Mengapresiasi karya seni rupa
9.1
Mengidentifikasi  jenis karya seni rupa terapan daerah
setempat
·      Mengidentifikasi  karya seni rupa terapan daerah setempat.
·   Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya
·   Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan  daerah setempat



·      Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar
·      karya pribadi




9.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

·   Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
·   Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat


·      Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar
·      karya pribadi

Seni Musik

3.
Mengapresiasi karya seni musik
3.1
Mengidentifikasi  jenis lagu daerah setempat
·      Mengidentifikasi jenis lagu   daerah setempat
·      Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan
·      Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada dan dinamika lagu daerah setempat
·      Pengenalan ragam lagu/musik daerah setempat
·      Elemen/unsur musik yang ada pada lagu



·      Partitur lagu, radio cassette,
·      buku materi, alat musik,
·      lembar kerja





3.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu  daerah setempat
·      Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu  daerah setempat
·      Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan  lagu POP daerah setempat

·      Lagu daerah setempat.

·      Partitur lagu, radio cassette,
·      buku materi, alat musik,
·      Tape recorder


4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1
Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
·    menyanyikan lagu daerah setempat
·   Menjelaskan prosedur mengaransir lagu
·    mengaransir secara sederhana dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
·   Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
·   Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang telah diaransir

·   Mengaransir lagu  daerah setempat
·   Unsur-unsur musik
·   Tangga nada
·   Birama
·   Tempo
·   Dinamik
·   Interval

·      Partitur lagu, radio cassette,
·      buku materi, alat musik,
·      lembar kerja





4.2
Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat
·   menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat  secara perorangan atau kelompok
·   Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat dengan menggunakan berbagai alat musik
·   Berlatih memainkan hasil aransemen
·   Menyajikan hasil aransemen dengan menggunakan alat musik ritmis
·   Memainkan alat musik ritmis dalam aransemen lagu


·      Partitur lagu, radio cassette,
·      buku materi, alat musik,
·      lembar kerja



11.
Mengapresiasi karya seni musik
11.1
Mengidentifikasi  ragam musik daerah setempat
·      mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari tokoh daerah setempat

·       menyebutkan nama alat musik pengiring
·    Membaca referensi tentang tokoh musik daerah setempat
·    Mendengarkan beberapa karya musik daerah setempat
·    Mendiskusikan jenis lagu dan alat musik yang digunakan


·      Partitur lagu, radio cassette,
·      buku materi, alat musik,
·      lembar kerja





11.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan  seni musik daerah setempat
·      Mempresentasikan keunikan lagu daerah setempat

·      Mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat

·    Mendiskusikan tentang tokoh musik dan karyanya

·    Membahas secara kelompok tentang keunikan dan ciri  lagu daerah setem pat


·      Partitur lagu, radio cassette,
·      buku materi, alat musik,
·      lembar kerja











































Sekolah                                   :  MTs.N Model Sumber Bungur  Pamekasan 3
Kelas/ Semester                      :   CIBI I/ II (Dua)
Mata Pelajaran                      :   SENI BUDAYA dan SENI MUSIK


Pert.
KE
Standar
 Kompetensi
Kompetensi
dasar
Indikator
Pencapaian
Pokok
 Bahasan
Pelayanan
Belajar
Sumber
Belajar
Evaluasi
Seni Rupa

10.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
10.1
Menggambar bentuk dengan objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
·      Membuat sketsa gambar topeng
·      Menggambar bentuk topeng dari daerah setempat





·         Membuat gambar  topeng yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,


·      Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar
·      Karya pribadi




10.2
Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
·      Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah setempat


·         Buatlah sebuah topeng yang mencermin- kan kekhasan  dan  corak daerahmu

·      Media cetak
·      Media elektronik
·      Lingkungan sekitar
·      Karya pribadi


1.
Mengapresiasi  karya seni rupa
1.1
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara
·   Menunjukkan keanekaragaman jenis, bahan dan teknik pembuatan tekstil nusantara,
·   Mampu mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils  nusantara

· Buat klasifikasi keragaman jenis tekstil nusantara berdasar bahan dan teknik pembuatannya
· Jelaskan makna dan fungsi tekstil nusantara

·   Media cetak
·   Media elektronik
·   Lingkungan sekitar





1.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara
·   Membuat kliping tentang karya seni tekstil Nusantara
·   Membuat  tanggapan tertulis tentang keunikan  gagasan, corak ragam hias, bahan dasar dan teknik karya seni Tekstil nusantara
· Buatlah kliping  hasil karya seni  tekstil nu- santara dan berikan tanggapan tentang keunikannya berdasar kan gagasan, corak ragam hias, bahan dasar, alat dan teknik pembuatannya
· Presentasikan hasil kliping kelompokmu.

·   Media cetak
·   Media elektronik
·   Lingkungan sekitar


2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1
Merancang karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
·     Membuat bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara

·     Membuat rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara


·    Buat desain tekstil dengan mengambil corak ragam hias Nusantara

·   Buku teks
·   Media cetak
·   Media elektronik


2.2
Membuat karya seni kriya tekstil dengan  teknik dan corak seni rupa terapan Nusantara
·     Menhayati proses penataan pola ragam hias tekstil
·     Mampu berkreasi dalam menata pola ragam hias tekstil pada permukaan kain.


·    Buatlah benda pakai dengan teknik yang sudah kamu kuasai dengan mengambil unsur-unsur  corak ragam hias seni rupa terapan Nusantara

·   Buku teks
·   Media cetak
·   Media elektronik





2.3
Mengekspresikan diri melalui  karya seni lukis/gambar
·     Membuat gambar ilustrasi


·    Buatlah gambar ilustrasi dengan tema kegiatan siswa di sekolah

·   Buku teks
·   Media cetak
·   Media elektronik



Seni Musik


12.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

12.1
Mengaransir secara  sederhana lagu daerah setempat
·      menyanyikan lagu daerah setempat

·       mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat

·      Mengaransir lagu yang berbeda secara kelompok


·       Nyanyikanlah 3 judul lagu yang sudah diperdengarkan
·       Buatlah partitur aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan
·       Tampilkan lagu yang telah diaransir secara kelompok


·      Partitur lagu daerah,
·       buku referensi






12.2
Menyajikan karya seni musik daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas
·      menyajikan hasil aransemen karya musik daerah setempat

·      Menyajikan hasil aransemen secara kelompok  dan perorangan

·       Tampilkan hasil aransemen kamu  dengan alat musik pengiring yang dipilih

·      Partitur lagu daerah,
·       buku referensi




3.
Mengapresiasi karya seni musik
3.1
Mengidentifikasi  jenis lagu Nusantara
·     Mmenyebutkan jenis lagu daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
·     Mengidentifikasi ciri dari lagu Nusantara beserta tokohnya
·     Mendiskripsikan fungsi sosial lagu daerah Nusantara
·    Sebutkan 3 jenis lagu daerah Nusantara / wajib Nasional
·    Jelaskan ciri-ciri lagu nusantara
·    Sebutkan nama tokoh musik nusantara

·     Lagu-lagu daerah Nusantara
·     Media Electronik
·     Buku teks





3.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  lagu Nusantara
·     Menuliskan/mengutarakan keunikan /keindahan dan pesan dari lagu  yang didengar

·         Jelaskan  fungsi sosial musik pada lagu daerah Nusantara

·     Lagu-lagu daerah Nusantara
·     Media Electronik
Buku teks



4.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
4.1
Mengaransir secara sederhana lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
·         Menyusun melodi dari alat musik pengiring dalam aransemen lagu
·         Menyusun interval, akor pada sangkar nada
·         Mampu mengaransir lagu etnik nusantara dalam bentuk ansambe
·         Sebutkan keunikan dari lagu Nusantara yang kamu dengar

·         Partitur Lagu-
Lagu nusantara, lagu wajib nasional, lagu keroncong
·         Buku teks





4.2
Menampilkan hasil aransemen lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
·         Memainkan hasik aransemen lagu etnik Nusantaral
·         Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel



·         Susunlah interval, akor pada sangkar nada
·         Aransirlah lagu etnik Nusantara dengan susunan akor yang tepat
·         Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik (sumber bunyi) yang dipilih


·         Partitur Lagu-
·         Lagu nusantara, lagu wajib nasional, lagu keroncong
·         Buku teks























Tidak ada komentar:

Posting Komentar