S I L A B U S
PERANGKAT PEMBELAJARAN
KURIKULUM DIFERENSIASI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
KELAS CERDAS ISTIMEWA BAKAT ISTIMEWA
Sekolah : MTs.N Model Sumber Bungur Pamekasan 3
Kelas/ Semester : CIBI I/ 1 (Satu)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan SENI MUSIK
Pert.
KE
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Indikator Pencapaian
|
Pokok
Bahasan
|
Pelayanan
Belajar
|
Sumber
Belajar
|
Evaluasi
|
||
Seni Rupa
|
|||||||||
|
1.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
rupa terapan daerah setempat
|
·
Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
·
Mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik
pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.
|
·
Pengertian seni , cabang-cabang seni, unsur-unsur seni,
sifat dasar seni secara umum.
·
Beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan dan fungsi
karya seni rupa terapan daerah setempat
|
|
·
Media cetak
·
Media
elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|
|
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
·
Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada
keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
·
Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
|
·
Mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada
keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
·
Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
|
|
·
Media cetak
·
Media
elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|
|
2.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Menggambar bentuk dengan
objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
·
Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
·
Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya
seni rupa terapan daerah setempat
|
·
Gambar bentuk benda kubistis dan silindris (teknik
perspektif, teknik arsir, komposisi, gelap terang) penggunaan media dalam
menggambar bentuk karya seni rupa daerah setempat
|
|
·
Media cetak
·
Media
elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|
|
|
|
2.2
|
Merancang karya seni kriya
dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
·
Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak
daerah setempat
·
Menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda
pakai
|
·
Karya seni rupa daerah setempat meliputi: pengertian
benda pakai,benda hias antara lain dari segi motif, corak, teknik dan sebagainya
|
|
·
Media cetak
·
Media
elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|
|
|
|
2.3
|
Membuat karya seni kriya
dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
·
Membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik seni kriya daerah setempat.
·
Membuat hiasan
pada benda pakai dengan corak seni
rupa daerah setempat
|
·
Teknik-teknik pembuatan benda pakai
·
Corak-corak ragam hias daerah setempat
|
|
·
Media cetak
·
Media
elektronik
·
Lingkungan
sekitar
|
|
|
9.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah
setempat
|
·
Mengidentifikasi
karya seni rupa terapan daerah setempat.
·
Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik
pembuatannya
|
·
Mengumpulkan data berupa gambar contoh karya seni rupa
terapan daerah setempat
|
|
·
Media cetak
·
Media
elektronik
·
Lingkungan
sekitar
·
karya pribadi
|
|
|
|
|
9.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
·
Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan
gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
|
·
Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat
|
|
·
Media cetak
·
Media
elektronik
·
Lingkungan
sekitar
·
karya pribadi
|
|
Seni Musik
|
|||||||||
|
3.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu daerah
setempat
|
·
Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat
·
Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan
·
Mengidentifikasi elemen-elemen musik; irama,tempo nada
dan dinamika lagu daerah setempat
|
· Pengenalan ragam
lagu/musik daerah setempat
· Elemen/unsur
musik yang ada pada lagu
|
|
·
Partitur lagu, radio cassette,
·
buku materi, alat musik,
·
lembar kerja
|
|
|
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
|
·
Mampu menyebutkan keunikan yang ada pada lagu daerah setempat
·
Membedakan keunikan lagu etnik daerah dan lagu POP daerah setempat
|
· Lagu daerah
setempat.
|
|
·
Partitur lagu, radio cassette,
·
buku materi, alat musik,
·
Tape recorder
|
|
|
4.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir secara
sederhana karya lagu daerah setempat
|
·
menyanyikan lagu
daerah setempat
·
Menjelaskan prosedur mengaransir lagu
·
mengaransir
secara sederhana dengan memperhatikan elemen-elemen musik pada lagu
·
Mengaransir lagu etnik daerah setempat dalam dua suara
·
Mendemonstrasikan alat musik ritmis dengan lagu yang
telah diaransir
|
·
Mengaransir lagu
daerah setempat
·
Unsur-unsur musik
·
Tangga nada
·
Birama
·
Tempo
·
Dinamik
·
Interval
|
|
·
Partitur lagu, radio cassette,
·
buku materi, alat musik,
·
lembar kerja
|
|
|
|
|
4.2
|
Menampilkan hasil aransemen
karya lagu daerah setempat
|
·
menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah
setempat secara perorangan atau
kelompok
·
Menampilkan hasil aransemen lagu etnik daerah setempat
dengan menggunakan berbagai alat musik
|
·
Berlatih memainkan hasil aransemen
·
Menyajikan hasil aransemen dengan menggunakan alat
musik ritmis
·
Memainkan alat musik ritmis dalam aransemen lagu
|
|
·
Partitur lagu, radio cassette,
·
buku materi, alat musik,
·
lembar kerja
|
|
|
11.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi ragam musik
daerah setempat
|
·
mengidentifikasi beragam lagu dan karya musik dari
tokoh daerah setempat
·
menyebutkan nama
alat musik pengiring
|
·
Membaca referensi tentang tokoh musik daerah setempat
·
Mendengarkan beberapa karya musik daerah setempat
·
Mendiskusikan jenis lagu dan alat musik yang digunakan
|
|
·
Partitur lagu, radio cassette,
·
buku materi, alat musik,
·
lembar kerja
|
|
|
|
|
11.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap keunikan seni
musik daerah setempat
|
·
Mempresentasikan keunikan lagu daerah setempat
·
Mengidentifikasi ciri-ciri lagu daerah setempat
|
·
Mendiskusikan tentang tokoh musik dan karyanya
·
Membahas secara kelompok tentang keunikan dan ciri lagu daerah setem pat
|
|
·
Partitur lagu, radio cassette,
·
buku materi, alat musik,
·
lembar kerja
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekolah : MTs.N Model Sumber Bungur Pamekasan 3
Kelas/ Semester : CIBI I/ II (Dua)
Mata Pelajaran : SENI BUDAYA dan SENI MUSIK
Pert.
KE
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
Pokok
Bahasan
|
Pelayanan
Belajar
|
Sumber
Belajar
|
Evaluasi
|
|||
Seni Rupa
|
||||||||||
|
10.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
10.1
|
Menggambar bentuk dengan
objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
·
Membuat sketsa gambar topeng
·
Menggambar bentuk topeng dari daerah setempat
|
·
Membuat gambar
topeng yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,
|
|
·
Media cetak
·
Media elektronik
·
Lingkungan sekitar
·
Karya pribadi
|
|
|
|
|
|
10.2
|
Membuat karya seni kriya
dengan teknik dan corak daerah setempat
|
·
Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah setempat
|
·
Buatlah sebuah topeng yang mencermin- kan kekhasan dan
corak daerahmu
|
|
·
Media cetak
·
Media elektronik
·
Lingkungan sekitar
·
Karya pribadi
|
|
|
|
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis
karya seni rupa terapan Nusantara
|
·
Menunjukkan keanekaragaman jenis, bahan dan teknik
pembuatan tekstil nusantara,
·
Mampu mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils nusantara
|
·
Buat klasifikasi keragaman jenis tekstil nusantara
berdasar bahan dan teknik pembuatannya
· Jelaskan makna dan fungsi
tekstil nusantara
|
|
·
Media cetak
·
Media elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
Nusantara
|
·
Membuat kliping tentang karya seni tekstil Nusantara
·
Membuat tanggapan
tertulis tentang keunikan gagasan,
corak ragam hias, bahan dasar dan teknik karya seni Tekstil nusantara
|
· Buatlah kliping hasil karya seni tekstil nu- santara dan berikan tanggapan
tentang keunikannya berdasar kan gagasan, corak ragam hias, bahan dasar, alat
dan teknik pembuatannya
· Presentasikan hasil
kliping kelompokmu.
|
|
·
Media cetak
·
Media elektronik
·
Lingkungan sekitar
|
|
|
|
2.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak seni
rupa terapan Nusantara
|
· Membuat bentuk-bentuk
ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
· Membuat rancangan karya
seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
|
·
Buat desain tekstil dengan mengambil corak ragam hias
Nusantara
|
|
·
Buku teks
·
Media cetak
·
Media elektronik
|
|
|
2.2
|
Membuat karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak seni
rupa terapan Nusantara
|
· Menhayati proses
penataan pola ragam hias tekstil
· Mampu berkreasi
dalam menata pola ragam hias tekstil pada permukaan kain.
|
·
Buatlah benda pakai dengan teknik yang sudah kamu
kuasai dengan mengambil unsur-unsur
corak ragam hias seni rupa terapan Nusantara
|
|
·
Buku teks
·
Media cetak
·
Media elektronik
|
|
||||
|
|
|
2.3
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni lukis/gambar
|
· Membuat gambar
ilustrasi
|
·
Buatlah gambar ilustrasi dengan tema kegiatan siswa di
sekolah
|
|
·
Buku teks
·
Media cetak
·
Media elektronik
|
|
|
Seni Musik
|
||||||||||
|
12.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir secara sederhana lagu
daerah setempat
|
·
menyanyikan lagu daerah setempat
·
mengaransir
secara sederhana karya lagu daerah setempat
·
Mengaransir lagu yang berbeda secara kelompok
|
·
Nyanyikanlah 3 judul lagu yang sudah diperdengarkan
·
Buatlah partitur aransemen dalam bentuk yang siap
ditampilkan
·
Tampilkan lagu yang telah diaransir secara kelompok
|
|
·
Partitur lagu daerah,
·
buku referensi
|
|
|
|
|
|
12.2
|
Menyajikan karya seni musik
daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas
|
·
menyajikan hasil aransemen karya musik daerah setempat
·
Menyajikan hasil aransemen secara kelompok dan perorangan
|
·
Tampilkan hasil aransemen kamu dengan alat musik pengiring yang dipilih
|
|
·
Partitur lagu daerah,
·
buku referensi
|
|
|
|
3.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
|
· Mmenyebutkan jenis lagu
daerah Nusantara / lagu wajib Nasional
· Mengidentifikasi ciri
dari lagu Nusantara beserta tokohnya
· Mendiskripsikan fungsi
sosial lagu daerah Nusantara
|
·
Sebutkan 3 jenis lagu daerah Nusantara / wajib Nasional
·
Jelaskan ciri-ciri lagu nusantara
·
Sebutkan nama tokoh musik nusantara
|
|
· Lagu-lagu daerah Nusantara
· Media
Electronik
·
Buku teks
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan lagu
Nusantara
|
· Menuliskan/mengutarakan
keunikan /keindahan dan pesan dari lagu
yang didengar
|
·
Jelaskan fungsi
sosial musik pada lagu daerah Nusantara
|
|
· Lagu-lagu daerah
Nusantara
· Media
Electronik
Buku teks
|
|
|
|
4.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir secara
sederhana lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
|
·
Menyusun melodi dari alat musik pengiring dalam
aransemen lagu
·
Menyusun interval, akor pada sangkar nada
·
Mampu mengaransir lagu etnik nusantara dalam bentuk
ansambe
|
·
Sebutkan keunikan dari lagu Nusantara yang kamu dengar
|
|
·
Partitur Lagu-
Lagu nusantara, lagu wajib nasional, lagu keroncong
·
Buku teks
|
|
|
|
|
|
4.2
|
Menampilkan
hasil aransemen lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
|
·
Memainkan hasik aransemen lagu etnik Nusantaral
·
Menampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel
|
·
Susunlah interval, akor pada sangkar nada
·
Aransirlah lagu etnik Nusantara dengan susunan akor
yang tepat
·
Tampilkan hasil aransemen lagu etnik dengan alat musik
(sumber bunyi) yang dipilih
|
|
·
Partitur Lagu-
·
Lagu nusantara, lagu wajib nasional, lagu keroncong
·
Buku teks
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar