D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
rupa terapan daerah setempat
|
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
2.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Menggambar bentuk dengan
objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
|
|
2.2
|
Merancang karya seni kriya
dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
|
|
2.3
|
Membuat karya seni kriya
dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu daerah
setempat
|
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan lagu daerah setempat
|
4.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir secara
sederhana karya lagu daerah setempat
|
|
4.2
|
Menampilkan hasil aransemen
karya lagu daerah setempat
|
Keterangan:
Seni rupa terapan: Seni rupa yang memiliki fungsi praktis meliputi desain, dan seni
kriya.
Kelas VII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
|
|||
9.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah
setempat
|
|
|
|
9.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
|
10.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
10.1
|
Menggambar bentuk dengan
objek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
|
|
|
|
10.2
|
Membuat karya seni kriya
dengan teknik dan corak daerah setempat
|
|
|
|
10.3
|
Menyiapkan karya seni rupa
hasil buatan sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
|
|
|
10.4
|
Menata karya seni rupa
hasil buatan sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
|
Seni Musik
|
|
|||
11.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi ragam musik
daerah setempat
|
|
|
|
11.2
|
Menunjukkan sikap
apresiatif terhadap keunikan seni musik
daerah setempat
|
|
12.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir secara sederhana lagu
daerah setempat
|
|
|
|
12.2
|
Menyajikan karya seni musik
daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok di kelas
|
|
Kelas VIII, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi jenis karya
seni rupa terapan Nusantara
|
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
Nusantara
|
2.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
2.1
|
Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak seni
rupa terapan Nusantara
|
2.2
|
Membuat karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak seni
rupa terapan Nusantara
|
||
|
|
2.3
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni lukis/gambar
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan lagu
Nusantara
|
|
4.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir secara
sederhana lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
|
|
|
4.2
|
Menampilkan hasil aransemen
lagu Nusantara dalam bentuk ansambel
|
Keterangan
Teater Nusantara: Teater yang tumbuh dan berkembang di wilayah Nusantara.
Kelas VIII, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
|||
Seni Rupa
|
|
|||
9.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi jenis karya
seni rupa terapan Nusantara
|
|
|
|
9.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan
dan teknik karya seni rupa terapan Nusantara
|
|
10.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
|
10.1
|
Membuat karya seni kriya tekstil dengan teknik dan corak seni rupa terapan
Nusantara
|
|
|
|
10.2
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni grafis
|
|
|
|
10.3
|
Menyiapkan karya seni rupa
hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah
|
|
|
|
10.4
|
Menata karya seni rupa
hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah
|
|
Seni Musik
|
|
|||
11.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
musik tradisional Nusantara
|
|
|
|
11.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan seni
musik tradisional Nusantara
|
|
12.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir secara
sederhana lagu tradisi Nusantara
|
|
|
|
12.2
|
Menyiapkan seni musik
tradisional Nusantara untuk disajikan
secara perseorangan dan kelompok di kelas atau sekolah
|
|
|
|
12.3
|
Menyajikan karya seni musik tradisional Nusantara secara perseorangan dan berkelompok di
kelas atau sekolah
|
|
Kelas IX,
Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
1.
|
Mengapresiasi karya seni rupa
|
1.1
|
Mengidentifikasi seni rupa
murni yang diciptakan di daerah setempat
|
|
|
1.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa murni daerah
setempat
|
2.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
2.1
|
Memilih unsur seni rupa
Nusantara untuk dikembangkan menjadi karya seni murni
|
|
|
2.2
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa murni yang dikembangkan dari unsur seni rupa Nusantara
|
Seni Musik
|
|
||
3.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
3.1
|
Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia
|
|
|
3.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan lagu
mancanegara di Asia
|
4.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
4.1
|
Mengaransir lagu
mancanegara di Asia
|
4.2
|
Menampilkan hasil aransemen
lagu mancanegara di Asia
|
Keterangan
Teater Kreatif: Teater yang dikembangkan berdasarkan gagasan baru yang tidak mengikuti
begitu saja teater yang sudah mentradisi.
Kelas IX,
Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
||
Seni Rupa
|
|
||
9.
|
Mengapresiasi karya seni
rupa
|
9.1
|
Mengidentifikasi karya seni
rupa murni yang diciptakan di Indonesia
|
|
|
9.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan
dan teknik dalam karya seni rupa murni Indonesia
|
10.
|
Mengekspresikan diri melalui karya
seni rupa
|
10.1
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan
mancanegara di luar Asia
|
|
|
10.2
|
Menyiapkan karya seni rupa
yang diciptakan untuk pameran di sekolah atau di luar sekolah
|
|
|
10.3
|
Menata karya seni rupa yang
diciptakan dalam bentuk pameran di sekolah atau di luar sekolah.
|
Seni Musik
|
|
||
11.
|
Mengapresiasi karya seni
musik
|
11.1
|
Mengidentifikasi jenis karya seni
musik mancanegara di luar Asia
|
|
|
11.2
|
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan seni
musik mancanegara di luar Asia
|
12.
|
Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
|
12.1
|
Mengaransir lagu
mancanegara
|
|
12.2
|
Menyiapkan karya seni musik
mancanegara untuk disajikan secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau
di sekolah
|
|
|
|
12.3
|
Menampilkan karya seni
musik mancanegara secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau di
sekolah
|
E. Arah Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar